Sabtu, 14 Mei 2011

Unsur Moral Spiritual dalam haji

Unsur Moral Spiritual
Pada pelaksanaan ibadah haji menyimpan banyak pesan moral. Pesan moral pertama yaitu kepatuhan terhadap Allah Sang Pencipta alam semesta. Kalau bukan karena patuh terhadap Allah tentu tidak akan berhaji, sebab haji memerlukan persiapan yang panjang, yang menyangkut biaya mahal, waktu dan tenaga (fisik harus sehat). Betapapun ibadah haji itu berat, namun harus dikerjakan bagi yang sudah mampu karena haji merupakan ibadah wajib.
Yang kedua haji mempunyai makna kesabaran. Sabar artinya menerima kenyataan yang tidak menyenangkan, tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan, tanpa ada perasaan mengeluh, semua musibah dan penderitaan diserahkan kepada Allah SWT, (QS. 2:156).
Bayangkan jutaan manusia berkumpul dengan tujuan yang sama, amalan yang sama, tentu akan menimbulkan antrian yang luar biasa dan akan muncul banyak persoalan. Pada kondisi seperti ini kesabaran kita diuji oleh Allah SWT. Ketika mencium Khajar Aswat, ketika melempar jumrah sering terjadi kecelakaan karena ketidak sabaran para jama’ah.
Yang ketiga pelaksanaan ibadah Haji merupakan muktamar dunia, yang diharapkan dari muktamar tersebut akan mampu memecahkan berbagai masalah yang dihadapi umat islam.
Yang terakhir, dari ibadah haji diharapkan adanya kesatuan ummat islam yang lahir dari kesamaan dalam menjalankan berbagai ibadah dalam islam. Yang terakhir inilah sebenarnya inti dari makna ibadah haji.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar